Meta Tag SEO Displaying Meta Tag SEO.

Pengertian Muamalah

Pengertian Muamalah


Dari segi bahasa, "muamalah" berasal dari kata aamala, yuamilu, muamalat yang berarti perlakuan atau tindakan terhadap orang lain, hubungan kepentingan. Sedangkan secara istilah muamalah dapat diartikan secara luas dan sempit.

Muamalah ialah aturan tentang kegiatan ekonomi manusia Pada dasarnya, perbedaan dari pengertian muamalah secara luas maupun secara sempit terletak pada cakupannya, pengertian luas mencangkup munakahat, politik, warisan, dan pidana. Sedangkan dalam pengertian sempit cangkupannya hanya tentang ekonomi.

Ahmad Ibrahim Bek berpendapat, muamalah merupakan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan duniawi, seperti perdagangan, perkawinan, thalak, sanksi-sanksi, peradilan yang berhubungan dengan manajemen perkantoran, baik itu umum maupun khusus, yang sudah ditetapkan dasar-dasarnya dengan cara umum atau global, terperinci serta dijadikan panduan buat manusia untuk bertukar keefektifan di antara mereka.

Sedangkan menurut Louis Ma’luf, definisi muamalah ialah hukum-hukum syara yang berkaitan dengan urusan dunia, dan kehidupan manusia, seperti jual beli, perdagangan, dan lain sebagainya.

Contoh muamalah dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti jual-beli, sewa menyewa, upah mengupah, pinjam meminjam, urusan bercocok tanam, berserikat dan lain-lain.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top